Memilih Oli Mobil untuk Kendaraan Kesayangan

Memilih Oli Mobil untuk Kendaraan Kesayangan - Bagi kebanyakan orang yang belum paham mesin, fungsi oli mungkin hanya sebatas pelumas mesin. Padahal, oli masih memiliki fungsi lain yang tak kalah pentingnya dari sekadar melumasi mesin mobil. Yakni, sebagai pendingin dan penstabil suhu mesin, pelumas anti karat, dan juga sebagai seal pada dinding mesin.

Pasalnya, dengan oli mesin, gesekan antar komponen menjadi lebih mulus. Memang biasanya di bengkel akan direkomendasikan jenis Oli Mobil yang cocok untuk mobil Anda. Tapi, Anda juga perlu tahu oli seperti apa yang cocok untuk kendaraan Anda sendiri. Berikut cara memilah oli mesin mobil yang bagus :

Memilih Oli Mobil untuk Kendaraan Kesayangan

Perhatikan kandungan minyaknya

·         Oli mesin mobil bisa dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bahannya;

·         Pertama, oli sintetis yang terbuat dari berbagai bahan kimia,

·         Kedua, adalah minyak mineral yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi, dan lebih alami,

·         dan yang ketiga adalah oli semi sintetis yang menggabungkan keduanya.

Oli mobil sintetis diyakini akan lebih optimal bila digunakan untuk pabrikan mobil baru seperti kebanyakan saat ini. Karena bukan tanpa alasan, mengingat jika oli yang kita pilih tidak sesuai dengan spesifikasi mesin tentu bisa membuat performa mesin turun bahkan tidak awet.

Pahami karakter mesin mobil

Cara termudah untuk memilih oli mesin mobil yang tepat untuk mobil Anda adalah dengan melihat buku manual yang tercantum saat membeli mobil. Hanya dalam buku ini dijelaskan secara lengkap mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat untuk tipe dan model mobil Anda. Hal yang perlu kami garis bawahi adalah kesesuaian oli dengan mesin dan kualitasnya, bukan mereknya.

Bagaimana Cara Memilih Oli Mobil untuk Kendaraan Kesayangan?

Periksa jenis dan ketebalan oli

Meski memiliki fungsi yang sama, sayangnya oli tidak dapat melindungi mesin secara maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan karakter dan kebutuhan mobil Anda. Biasanya perbedaan ini bisa dilihat dari viskositas fluida oli dengan mata telanjang.

Hindari dan hati-hati terhadap minyak palsu/curah

Kita perlu waspada karena saat ini banyak sekali minyak palsu yang beredar di pasaran. Memang oli ini dipatok dengan harga yang lebih murah, tapi jangan terkecoh, ketahui ciri-ciri oli palsu seperti di bawah ini: Minyak palsu biasanya berwarna lebih kental dan lebih gelap, minyak asli berwarna kuning bening seperti minyak sawit.

·         Oli palsu akan terasa kasar saat disentuh dengan jari karena mengandung logam di dalamnya

·         Dari bau minyak palsu yang sangat tidak enak seperti hasil pembakaran

Pilih oli yang bersertifikat

Perhatikan hal ini saat memilih oli mesin, yang merupakan sertifikasi yang dimiliki oli tersebut. Hanya dengan memilih oli yang telah disertifikasi dengan bodi tersebut maka standar dan kualitas oli tersebut dapat dijamin.

Lihat manual kepemilikan mobil

Salah satu cara termudah untuk menentukan jenis oli apa yang cocok untuk mobil Anda adalah dengan melihat buku manual atau manual dari mobil itu sendiri. Hanya dalam buku manual mobil biasanya sudah dijelaskan mengenai oli atau pelumas apa yang cocok untuk jenis dan kebutuhan mobil anda.

Bisakah Anda saling mengganti merek oli?

Ada beberapa tipe orang yang hanya menggunakan oli merek tertentu untuk mobilnya. Karena takut mencoba merk lain. Namun, sebenarnya Anda boleh mengganti merek oli, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, merek dan harga bukanlah penentu utama kualitas Oli Mobil.